Advertisement

Main Ad

TUGAS 03 - PERANGKAT KERAS KOMPUTER

PERANGKAT KERAS [HARDWARE] KOMPUTER


INPUT
PROCESS
OUTPUT
STORAGE
Mouse
RAM
Monitor
Flashdisk
Joystick
CPU
Printer
Harddisk
Keyboard
VGA
Speaker
DVD
Scanner
Modem
LCD Proyektor
RAM
Trackball


A. INPUT
1. Mouse
Mouse merupakan suatu device yang digunakan untuk mengontrol komputer dengan bentuk pointer. Cara kerja mouse yaitu sesuai dengan perintah user, karena pointer hanya dapat berjalan dengan dimainkan dengan tangan si User. Tanpa mouse, user masih dapat bekerja yaitu dengan menggunakan keyboard sebagai pengganti mouse namun kinerja dan kecepatannya lebih lambat dibandingkan menggunakan mouse.
Fungsi mouse yaitu untuk mengatur pergerakan kursor secara cepat, Selain itu digunakan untuk memberikan perintah dengan menekan tombol yang terletak pada mouse. Fungsi lainnya antara lain.
Jenis Mouse Berdasarkan Jenisnya
A. Berdasarkan jenisnya mouse dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu mouse trackball dan mouse optic ;
a. Mouse Trackball.

Jenis mouse trackball ini dapat dengan mudah kita kenali, yaitu anda dapat melihat perbedaannya ketika mouse diletakkan secara terbalik dan akan terdapat bola kecil yang digunakan untuk menggerakkan pointer.
b. Mouse Optical.

Jenis mouse optical merupakan mouse yang menggunakan teknologi optic untuk menggerakan pointer yang diletakkan pada bagian bawah mouse.
B. Jenis Mouse Berdasarkan Portnya
Selain dapat dibedakan berdasarkan jenisnya, mouse juga dapat dibedakan berdasarkan Portnya, seperti beberapa jenis mouse berikut ini.
a. Mouse Serial.

Mouse serial merupakan jenis yang banyak digunakan pada era komputer pentium 1 sampai komputer pentium 3. Dapat dilihat dari bentuk port nya masih menggunakan port Serial yang memiliki beberpa pin pada ujung portnya.
b. Mouse PS2.

Mouse PS2 memeiliki perbedaan pada ujung portnya yaitu dengan ciri berwarna hijau pada ujung kabelnya, warna hijau inilah yang membedakan peletakan Mouse dan keyboard pada bagian port I/O CPU. Jika pada ujung port mouse berwarna hijau dan pada ujung port keyboard berwarna Ungu.
c. Mouse USB.

Mouse USB merupakan jenis mouse yang paling umum digunakan saat ini, karena jenis mouse ini sangat kompatibel dengan tipe komputer zaman sekarang. Jika dilihat dari bentuknya, mouse USB memiliki bentuk port pada ujungnya.
d. Mouse Wireless.

Teknologi terbaru dari mouse sekarang ini yaitu munculnya mouse dengan fitur wireless. Mouse ini lebih praktis karena tidak lagi menggunakan kabel dan dapat digunakan dari jarak dengan berjauhan dengan komputer. Selain lebih praktis mouse wireless ini memiliki kekurangan yaitu penggunaan mouse ini menggunakan baterai yang diletakkan pada mouse sehingga kita harus menggantinya secara berkala jika baterai sudah low.

2. Joystick

Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

3. Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Jenis Jenis Keyboard
a. Keyboard QWERTY

Jenis keyboard ini adalah jenis yang paling banyak ditemui. Penemu keyboard ini adalah Scholes, Gildden dan Soule pada tahun 1878. Keyboard ini menjadi standar mesin ketik tahun 1905. Pengambilan kata QWERTY adalah dari 6 huruf yang berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik.
b. Keyboard DVORAK

Jenis keyboard ini muncul pada tahun 1932, memiliki susunan huruf sedemikian rupa sehingga tangan kanan lebih banyak dibebani pekerjaan dibandingkan tangan kiri. 70% dari etukan jatuh pada home row sehingga dapat mengurangi lelah saat mengetik. Dibandingkan dengan QWERTY, keyboard DVORAK tata letaknya 10-15% lebih efisien.
c. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibuat dengan tujuan untuk menyempurnakan keyboard yang sudah ada yaitu memisahkan bagian kanan dan kiri keyboard dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu tombol-tombolnya lebih dekat dan tipis sehingga saat menekan tombol terasa lebih nyaman.
d. Keyboard Maltron

Tidak seperti keyboard pada umumnya, jenis keyboard Maltron di buat dengan bentuk cekung ke dalam. Pertimbangan bentuk tersebut adalah agar posisi jari saat mengetik tidak membentuk garis lurus.
e. Keyboard Chord

Jenis keyboard ini hanya memiliki 4 – 5 tombol. Untuk memasukkan huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Cocok digunakan untuk aplikasi portable. Namun karena pemakaiannya membutuhkan waktu lama, membuat tangan cepat lelah.
f. Keyboard Alphabetik

Tombol keyboard alphabetic disusun sama seperti Keyboard QWERTY dan Dvorak namun susunan hurufnya berurutan seperti pada alphabet. Walaupun susunanya sama dengan QWERTY, namun tidak dapat menyaingi popularitas keyboard QWERTY.
g. Keyboard Numeric

Perangkat keras keyboard jenis numeric ini di desain khusus untuk memasukkan jumlah bilangan yang besar. Alasan orang lebih memilih menggunakan keyboard ini adalah karena letak tombolnya lebih mudah dijangkau dengan tangan.

4. Scanner


Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.
Scanner dapat menduplikat objek tersebut menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, dan gambar dari objek yang discan lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.

5. Trackball

Trackball adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

B. PROCESS
1. RAM
RAM (Random Access Memory) adalah perangkat dalam sebuah komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan data sementara saat komputer menyala. Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.
Jenis Jenis RAM
a. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

Jenis RAM ini merupakan memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding EDO RAM. Namun, lebih rendah dibandingkan SRAM. DRAM menggunakan satu transistor dan kapasitor per bit dalam strukturnya. Hal ini membuat RAM ini memiliki kepadatan yang cukup tinggi. DRAM memiliki frekuensi kerja yang bervariasi antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.
b. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)






SDRAM menjadi RAM yang memiliki kecepatan cukup tinggi dibanding jenis-jenis RAM lainnya yakni kecepatan sampai 100 - 133 Mhz. RAM ini banyak digunakan pada tahun 1996 hingga 2003 dan merupakan jenis RAM yang memiliki 168 Pin saluran transfer data. Ciri-ciri RAM ini terdapat dua celah dibagian kakinya. RAM ini akan diletakkan pada slot DIMM/SDRAM di motherboard yang mampu menampung memori mulai 16 MB hingga 1GB.

c. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)






Komponen ini diperkenalkan pada tahun 1995 dengan kecepatan 600 Mbytes/sec. Pada tahun 1997, kecepatan RDRAM meningkat hingga 700 MBps, dan tahun 1998 menjadi 1,6 GBps. Tak heran, RAM ini awalnya dikembangkan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4 atau untuk keperluan perangkat gaming. Slot memori untuk RDRAM ialah 184 pin.

d. SRAM (Static Random Access Memory)



Jenis RAM ini terbuat dari semacam semi konduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga kinerja bisa lebih cepat. Hal ini disebabkan komponen ini hanya menggunakan transistor tanpa kapasitor.

SRAM didesain menggunakan desain cluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi. Sayangnya, SRAM memiliki kekurangan yakni biaya produksinya yang mahal. Tak heran, RAM ini hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan digunakan untuk bagian yang benar-benar penting. Chip ini sering digunakan untuk chace memori. Kecepatan SRAM mampu mengimbangi kecepatan prosesor 500 MHz atau lebih.

e. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)



RAM ini dikembangkan tahun 1995 dan memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan jenis-jenis RAM lain. Slot memori untuk EDORAM ialah 72 pin. Bentuk komponen ini lebih panjang daripada RAM SIMM. Tak heran RAM ini sangat cocok dipasang pada semua komputer Pentium. Selain itu, komponen ini juga cocok untuk dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 Mhz. 6. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

Jenis RAM ini merupakan bentuk asli atau bentuk awal dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per detik. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16 MHz hingga 66 MHz dengan akses waktu hingga 50ns.

f. Flash RAM



Flash RAM merupakan jenis memori berkapasitas rendah yang digunakan pada perangkat elektronika seperti TV, VCR, hingga ponsel lama. Momori ini dipasang pada perangkat yang memerlukan refresh dengan daya yang kecil.

g. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)



Jenis RAM ini menjadi salah satu yang memiliki kecepatan sangat tinggi diantara jenis-jenis RAM. Tak heran, RAM ini digunakan diberbagai perangkat saat ini. RAM ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satuan waktu yang sama. Memori ini memiliki 184 pin. RAM jenis ini juga mengonsumsi daya listrik yang lebih rendah.

Jenis-jenis RAM berikutnya seperti DDR2 RAM hingga DDR3 RAM merupakan pengembangan dari DDR SDRAM. Kedua jenis RAM ini digunakan dibanyak komputer saat ini karena lebih menghemat daya dan lebih optimal dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori jenis ini pun cukup besar hingga 4 GB per chipnya.

h. SO – DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)



Memori ini merupakan jenis memori yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya cukup ringkas, kira-kira setengah dari besaran DDR RAM sehingga lebih menghemat ruang. Jenis memori ini biasanya mengikuti perkembangan RAM untuk komputer desktop.




2. CPU [PROCESSOR]

Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa Inggris: Central Processing Unit/Processor; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. CPU Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Kecepatan eksekusi processor tergantung apalagi pada frekuensinya, satuan adalah MHz (MegaHertz) atau GHz (1 GigaHertz = 1000 MegaHertz).
CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.




Jenis Jenis CPU

· Intel Processor






Jenis CPU ini termasuk yang paling terkenal dan paling banyak diaplikasikan pada sebagian besar teknologi komputer. Produk yang diciptakan oleh perusahaan multi nasional Intel Corporation ini bahkan telah ada sejak tahun 1968.

Intel Corporation yang berasal dari Amerika Serikat ini dikenal sebagai produsen yang memiliki desain khas terhadap mikroprocessor. Salah satu produk yang paling baru dan paling canggih dari Intel adalah processor Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009

· AMD (Advanced Micro Processor)















Advanced Micro Processor atau disebut juga AMD merupakan pesaing terberat Intel. Walaupun penjualannya masih berada satu level di bawah Intel akan tetapiprodusen processor AMD ini terus melakukan pengembangan produk dan ekspansi yang lebih gencar dengan mengadopsi arsitektur X86.

Perusahaan multi nasional asal Sunnyvale, California Amerika Serikat ini mengembangkan produk processor tidak hanya untuk server komputer tapi juga laptop, tablet, dan kartu grafis perangkat gaming.

· ARM Processor









Produsen processor asal Cambridge, Inggris ini telah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Advance RISC Machines. Berbeda dari Intel dan AMD, ARM lebih berfokus pada processor untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

ARM processor menggunakan arsitektur processor mencapai 32 bit. Hal ini membuatnya sebagai processor yang cocok untuk perangkat ponsel pintar. Berikut ini adalah jenis ARM Processor pada vendor mobile Samsung.

· Cyrix Processor









Cyrix telah berdiri sejak tahun 1988 sebagai perusahaan pengembang mikroprocessor komputer. Perusahaan yang bermarkas di Texas, Amerika Serikat ini merupakan pemasok produk processor yang memiliki ketahanan performa yang cukup tinggi.

· Apple Processor









Perusahaan dengan logo berupa apel yang setengah digigit ini dikenal sebagai perusahaan pembuat produk telepon pintar dan juga perangkat mobile lain seperti tablet. Akan tetapi belakangan ini perusahaan besutan Steve Jobs ini pun memproduksi dan mengembangkan processor yang dirancang untuk keperluan sumber daya dan penjualan produk digital serta perangkat lunak komputer.

Perusahaan yang bermarkas di Silicon Valley, California, Amerika Serikat ini memproduksi beberapa processor seperti Macintosh, Apple ProDOS, dan lain-lain

· IBM Processor









International Bussiness Machines Corporation (IBM) merupakan perusahaan yang memproduksi sekaligusmenjual berbagai perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1911 ini telah mengembangkan berbagai produk processor. Salah satu yang paling baru dan tercanggih saat ini adalah processor IBM POWER7.













3. VGA









VGA singkatan dari Video Graphics Array yang merupakan tipe standar koneksi untuk perangkat video seperti monitor dan proyektor. Umumnya VGA mengacu pada jenis kabel, port dan konektator yang digunakan untuk menghubungkan monitor ke kartu video. Meskipun VGA masih digunakan sampai sekarang, namun dalam waktu dekat ini telah digantikan dengan yang lebih baru seperti DVI dan HDMI. Fungsi VGA Card adalah untuk menghasilkan dan menampilkan gambar ke display pada monitor.




4. Modem









Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memililiki arti yaitu Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti dari Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.


C. OUTPUT







1. Monitor




Monitor adalah perangkat keras yang dipakai untuk menampilkan output data grafis yang berasal dari sumber-sumber data grafis seperti cpu, satelit, dan berbagai sumber data grafis lainnya. Dalam perangkat komputer, monitor sering juga disebut dengan istilah layar komputer.




Jenis Jenis Monitor




· Monitor CRT (Chatode Ray Tube)









Monitor CRT merupakan monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi sinar katoda yang diletakkan di dalam tabung. Monitor CRT merupakan monitor komputer tertua yang hingga saat ini masih cukup banyak digunakan. Karena menggunakan tabung katoda, monitor CRT sering juga disebut dengan monitor tabung.




· Monitor LCD (Liquid Cristal Display)









Monitor LCD merupakan monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi pancaran sinar di media cairan kristal. Dibandingkan monitor CRT, ukuran monitor LCD jauh lebih ramping. Tidak hanya itu, tingkat resolusi dan kualitas gambar yang bisa ditampilkan oleh monitor ini juga jauh lebih baik dibandingkan dengan monitor CRT.




· Monitor LED (Light Emiting Diode)









Monitor LED merupakan monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi dioda lampu yang mampu memancarkan emisi cahaya. Meskipun tidak jauh berbeda, akan tetapi monitor LED cenderung sedikit lebih tipis dibandingkan dengan monitor LCD.




· Monitor Plasma









Monitor Plasma merupakan monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi gas neon ataupun xenon yang diletakkan di antara dua pelat kaca. Dibandingkan dengan seluruh monitor yang sebelumnya, monitor plasma merupakan monitor yang terbaik dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan. Meskipun begitu, harga monitor plasma juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga monitor-monitor yang sebelumnya.







2. Printer




Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray).




Jenis Jenis Printer




· Printer Dot Matrix









Printer Dot Matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus.




· Printer Ink Jet









Printer Ink Jet adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik.




· Printer Laser Jet









Jenis printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.







3. Speaker









Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya. Speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri.




4. LCD PROYEKTOR









LCD Proyektor adalah perangkat alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi, karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar.





D. STORAGE




1. Flashdisk









Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Ini terjadi karena didalam flashdisk terdapat sebuah controller dan memori yang mampu menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik yang ada pada flashdisk sudah diputuskan oleh user.







2. Harddisk




Hard Disk adalah sebuah komponen atau perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data pada komputer. Jadi apabila memiliki komputer atau laptop data yang penyimpanannya berada pada komponen yang satu ini. Hard disk sendiri digunakan sebagai tempat penyimpanan utama jadi semua data baik itu berupa sistem operasi, aplikasi, dan data lainnya akan disimpan di hard disk. Besarnya kapasitas penyimpanan pada hard disk bermacam - macam ada yang mampu menampung data sebesar 30 GB, 80 GB, 250 GB sampai ada yang mampu menyimpan hingga 64 TB.







Jenis Jenis Harddisk

· Hard Disk ATA / EIDE









Hard disk jenis ATA ( Advanced Technology Attachment ) atau juga disebut dengan EIDE ( Enhanced Integrated Drive Electronic ) merupakan hard disk yang menggunakan teknologi antar muka disk yang sesuai antara koneksi ke bus dan dapat dihubungkan langsung ke bus PCI. Keunggulan dari hard disk jenis ini adalah harganya yang murah sementara kekurangan dari hard disk jenis ini adalah harus menggunakan kontroler secara terpisah apabila sobat menggunakan dua drive secara bersama - sama.

· Hard Disk SCSI









Hard disk jenis ini bisa terkoneksi ke bus SCSI ( Small Computer System Interface ) standar serta memiliki performa yang lebih baik dari hard disk ATA. untuk pemakaian bersamaan ke banyak drive tanpa menggunakan kontroler, akan tetapi untuk harganya lebih mahal dari pada hard disk ATA / EIDE.

· Hard Disk RAID









Hard disk RAID ( Redundant Array of Independent Disks ) jenis ini memiliki kehandalan yang tidak perlu diragukan lagi, kemampuan untuk mentolelir kesalahan penyimpanan atau penumpukan data menjadi keunggulan hard disk jenis ini. selain itu kemampuan penyimpanan yang sangat besar menjadikan hardisk ini banyak dilirik oleh konsumen. Hard disk jenis ini sangat baik digunakan untuk komputer dengan performa menengah atas, Sehingga banyak digunakan pada komputer yang ada sekarang ini.

· Hard Disk SATA









Hard disk SATA ( Serial Advanced Technology Attachment ) terkenal dengan kecepatan transfer datanya yang sangat tinggi dan mampu mengurangi latensi atau delay. Dalam proses pentransferan datanya hard disk jenis ini melakukannya secara berurutan. Hard disk jenis ini juga tidak menggunakan sistem master atau slive karena dalam penggunaannya hard disk ini hanya bisa menggunakan satu kabel untuk satu hard disk.

· Hard Disk SSD









Tidak seperti jenis hardisk sebelumnya teknologi hard disk yang satu ini tidak menggunakan mekanik dalam media penyimpanannya akan tetapi menggunakan teknologi SSD (Solid State Disk), jadi teknologi yang digunakan sama seperti USB Drive atau memori komputer. Apabila diperhatikan dengan seksama jenis hard disk ini tidak memiliki komponent bergerak didalamnya.





3. DVD









CD/DVD ROM merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membaca data dari CD/DVD dan memburning data ke dalam CD/DVD. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps.







4. RAM




RAM (Random Access Memory) adalah perangkat dalam sebuah komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan data sementara saat komputer menyala. Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.

Posting Komentar

0 Komentar