Advertisement

Main Ad

TUTORIAL KONFIGURASI ACCESS POINT


TUTORIAL KONFIGURASI ACCESS POINT




Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit informasi mengenai tutorial konfigurasi pada Access Point.

Berikut ini adalah spesifikasi yang harus disiapkan :
1. Access Point
2. Kabel UTP straight
3. Laptop

Konfigurasi Access Point TP-WA801ND :

1. Pasang dulu perangkatnya! Colokkan adaptor, dan kabel UTP ke port LAN AP dan ke port LAN di komputer atau laptop. Jika berhasil, maka akan muncul lampu indikator hijau kelap-kelip. Biasanya terdapat 4 indikator, yaitu Power, System, LAN, WAN (tergantung jenis dan tipe AP). Nah, di sini saya memakai AP TP-LINK tipe WA801ND.

2. Setting dahulu IP di komputer, caranya masuk ke Control Panel, pilih Network and Sharing Center, pilih Change Adapter Settings, pilih perangkat jaringan yang sedang dipakai/aktif, maka akan muncul jendela baru. Klik Properties, lalu klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu muncul jendela seperti di bawah.




3. Pilih opsi Use the Following IP address untuk menjadikan IP komputer jadi statik, isikan IP address dengan network yang sama, misalnya “192.168.1.10” dan juga subnet mask seperti di atas. Kosongkan yang lain, lalu OK dan simpan.




4. Buka browser, lalu ketikkan alamat tplinkap.net, maka kurang lebih akan muncul jendela seperti di atas. Jika benar, maka masukkan username dan password seperti berikut (standar):
Username: admin
Password: admin
Jika sudah, maka client TP-LINK akan muncul seperti ini:



5. Lalu, langsung saja klik Next.



6. Pilih opsi Access Point, lalu Next.


7. Isi SSID dan Password sesuai keinginan kalian, lalu Next.


8. Pilih Enable pada DHCP Server, atur IP Address jika perlu. Jika ingin mengganti login akun untuk client TP-LINK kalian, klik YES. Lalu pilih Next.



9. Jika sudah selesai semua, akan muncul jendela seperti ini. Lalu, klik Reboot dan tunggu sampai perangkat menyala kembali. Kalian bisa pakai laptop, handphone, atau yang lainnya yang punya fitur WiFi. Jika berhasil, maka jaringan kalian akan terdeteksi di perangkat kalian.




-selesai-

Posting Komentar

0 Komentar