Advertisement

Main Ad

TUGAS 10 - PERAWATAN KOMPUTER

PERAWATAN KOMPUTER 

 A. Secara Software 
a) Defragment
1. Pertama-tama buka Desktop dan File Explorer, klik salah satu drive, klik tab Manage dan klik Optimize.

2. Kemudian akan muncul window Optimize Drives, klik Analyze untuk memeriksa fragmented yang didapatkan jika drive di Optimize.
3. Setelah itu tunggu sampai Analyze selesai.
4. Lalu klik tombol Optimize untuk drive yang ada fragmentednya
5. Proses ini mungkin akan membuat komputer sedikit lemot dan membutuhkan waktu yang lama, tergantung banyaknya file dan besarnya file di drive tersebut. Jika proses sudah selesai maka akan muncul presentase fragmented. Keluarlah dari window Optimize Drives.
6. Sekarang kamu sudah dapat melakukan cara defrag Windows 8 dengan mudah dan cepat sesuai dengan tutorial Windows 8 diatas.

b) Install dan Cara Menggunakan C Clean
CCleaner (sebelumnya Crap Cleaner) adalah software atau perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya. Salah satu fitur penting program ini adalah tersedianya perkakas yang gunanya untuk membersihkan cache yang dtinggalkan oleh perangkat peramban saat berselancar di internet.

Cara Install C Clean
1. Setelah file exe dari ccleaner Anda siapkan, klik dua kali pada file tersebut untuk memulai prosesnya. Lihat gambar :

2. Setelah diklik dua kali, akan muncul tampilan “Welcome To The CCLEANER Setup”. Nah, di sini Anda diminta untuk memilih bahasa yang Anda gunakan untuk proses penginstalan ataupun bahasa dari ccleaner jika telah diinstal.
3. Kemudian, Kamu bisa langsung klik install untuk memasang software CCleaner di PC / laptop dan tunggulah beberapa saat sampai CCleaner selesai diinstall
4. Tidak perlu menunggu lama, dalam beberapa menit atau bahkan detik, CCleaner sudah terpasang. Nah, selanjutnya Kamu klik Run Cleaner.
5. Dan kini software CCleaner sudah selesai diinstall dan sudah terpasang pada PC / laptop Kamu.


 Cara Menggunakan C Clean 
1. Buka software CCleaner yang sudah terpasang pada PC / laptop.
2. Setelah itu Kamu bisa memilih sampah-sampah yang ingin dihapus. Misalnya, Kamu ingin menghapus internet cache, maka berikan tanda checklist di sampingnya. Begitu pula untuk sampah lainnya yang ingin Kamu hapus, cukup checklist setiap sampah yang ingin di hapus. Semua sampah yang bisa dihapus akan diperlihatkan di bagian kiri.
3. Selain itu juga, Kamu bisa memilih sampah yang ingin dihapus pada Windows atau pada Applications. Caranya mudah, Kamu hanya perlu klik windows atau application untuk memilih sampah yang ingin dihapus dan jangan lupa beri tanda checklist, ya!
4. Jika Kamu sudah selesai memilih sampah yang ingin dihapus dari PC / laptop, maka langkah selanjutnya adalah klik Run Cleaner.
5. Selanjutnya, CCleaner akan memastikan kembali bahwa Kamu benar-benar ingin menghapus sampah yang telah dipilih. Sebab, jika sudah sekali dihapus maka sampah yang terhapus tidak dapat dikembalikan. Contohnya jika Kamu menghapus history pada Google maka secara otomatis history akan benar-benar terhapus. Jika Kamu sudah merasa yakin untuk menghapusnya maka Kamu bisa langsung klik continue.
6. Berikutnya, Kamu hanya perlu menunggu CCleaner membersihkan semua sampah yang ada di PC / laptop. Jika sudah selesai, maka CCleaner akan memberikan hasil atau laporan sampah-sampah yang sudah dihapus. Sangat mudah bukan?

B. Secara Hardware

1. Debu atau kotoran kecil yang menempel

Debu merupakan musuh utama dari barang elektronik dan kotoran lain yang menempel pada perangkat di dalam casing CPU maupun Monitor. cara membersihkannya menggunakan kompressor dan dilakukan di ruangan terbuka. beberapa hal yang harus di HINDARI cara merawat komputer secara hardware agar berhati-hati membersihkan lapisan isolator pada PCB terkelupas sehingga menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Kalau ini terjadi, maka perawatan komputer akan lebih sulit karena harus mengganti peripheral tersebut. Apabila terjadi korosi pada soket, gunakan contact cleaner/degreaser cleaner untuk membersihkannya. jangan gunakan kuas untuk membersihkan soket-soket dikhawatirkan ada debu yang masuk. 

2. Sistem Pendingin (kipas dan aluminium pendingin)

Jika anda pengguna antusias atau sering menggunakan komputer dengan kinerja tinggi untuk aktivitas seperti game dan multimedia (editing photo and video), ada baiknya untuk menambah sitem pendingin dengan yang lebih baik. Pada dasarnya hampir seluruh sistem pendingin yang disertakan bersama paket pembelian processor (pendingin default) sudah mencukupi kebutuhan proses pendinginan processor. 

3. Pengecekan pada Pemasangan peripheral

Yang penting beres dan jarang sekali melakukan pengecekan terhadap semua peripheral yang terpasang. Sering cara pemasangan Motherboard atau peripheral lainnya dengan sekrup yang tidak lengkap atau kurang kencang. Ini yang sering terlewatkan dalam cara merawat atau tips perawatan komputer. Biasanya ini sering terjadi pada PC rakitan lokal seperti Kapasitas Daya Power Supply yang kurang memadai, kipas pendingin yang kurang baut, motherboard yang kurang kokoh dan lain sebagainya. setelah mengetahui cara merawat hardware diharapkan lebih teliti ya. 

4. Menstabilkan tegangan listrik

Tegangan kadang tinggi atau malah justru rendah (spanning) dalam jangka panjang akan menyebabkan komputer mati secara mendadak tanpa proses Shutdown. Selalu monitoring kondisi listrik di rumah anda, jika berada pada daerah yang sering terjadi pemadaman listrik (kebanyakan luar jawa) harap menggunakan UPS (semacam penampung daya sementara agar dapat mematikan komputer dengan benar menggunakan proses shutdown) dan stabilizer (penstabil tegangan listrik) untuk mengantisipasinya. 

5. Ventilasi udara yang cukup

Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga sirkulasi/ penggantian udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi udara yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas dan dapat memperpendek umur komponen komputer tersebut. Oleh karena itu, usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. bila dipandang perlu pasang AC di dalam CPU (xixixi :P). 

6. Jauhkan benda yang mengandung medan magnet

Hal ini akan mengakibatkan warna monitor akan menjadi tidak rata atau belang–belang karena pengaruh medan magnet yang ada pada barang tersebut. jadi, tolong ya jauhkan monitor dari benda seperti hp, speaker dan lainnya yang mengandung magnet.

Posting Komentar

0 Komentar